BYE-BYE LEMOT

Posted: August 3, 2022 in Pembelajaran Kolaboratif Rumbel

Seringkali kita mendengar “Laptopku luee…..mot!”.
Sehingga acap menjadi alibi untuk menunda pekerjaan. Belum tentu solusinya instal ulang ataupun tambah RAM. Apalagi ganti baru, gak kuat boooo…laptop baru harganya amit2, paling tidak Rp 8-9 jutaan.

Salah satu yang lemot tadi adalah laptop saya. Sudah beberapa bulan ini ngajak gelut. Mungkin si Acer RAM 4 GB ini protes, umurnya sudah 7 tahun, tapi masih dipaksa kerja pagi-malam. Tapi dia keterlaluan sih. Lemotnya tua-tua keladi, makin hari makin menjadi. Mau nyalain, nunggu sambil ditinggal bikin kopi, belum ON juga. Mbuka word, excel kluwer2. Browsing mbah Google, kadang nge-freeze, diam tak bergerak. Jadi malas mau garap ATP Kurikulum Merdeka, apalagi modul CGP, he-he. Belum klo di ajak generate software jadwal, Timetable, yuhh…bikin saya terlambat bikin jadwal teman sak sekolahan. Hu-hu.

Hingga, akhirnya minggu lalu…ketemu teman teknisi, saya sambat sembari gulung2. Dia menyarankan solusi yang belum pernah terpikirkan oleh saya, yaitu upgrade SSD.

Opo iku pak?

Yaitu menambah hardisk khusus buat booting Windows dengan kecepatan tinggi. Ndak usah besar2, cukup 128 GB. Hardisk lama tetap dipakai, tapi hanya untuk nyimpan data, mengorbankan space DVD RW.
“Hasilnya bisa nambah performa sampai 90% lo,”! iming2nya. Dibandingkan kalau tambah RAM, misal dari 4 GB ke 8 GB, hanya bisa meningkatkan 20% power si laptop.
Saya timbang2, daripada tiap mbuka laptop, makan ati, akhirnya saya YES!.
Apalagi biayanya terjangkau, Rp 600-an ribu (tergantung jenis laptop), saya pun mengiyakan. 2 laptop langsung. Sekalian saya request instal Windows 10 Pro, Office 2019, Inventor 2014, Filmora 9, SPSS 26, semuanya ori (ori KW, hi-hi). Atau software apapun yang jenengan minta, bisa diinstalkan.

Pagi saya antar, sore jadi, kemudian langsung saya coba….eng-ing-eng.
WOOWWW….baru pencet tombol ON, laptop langsung nyala sekejap mata. Klik word, langsung sat-set. Mbuka software gambar Inventor, 5-6 detik langsung ON. Waaah, laptopnya seperti terlahir kembali. Saya sampe pangling, ini laptop siapa sebenarnya kisanak?!
Jadi lebih semangat kerja deh, he-he.
Epic banget ya, hepi ending kayak sinetron.

Yuk…bapak ibu, demi menunjang kinerja, kita pakai sebagian kecil dana buat mengupgrade alat kerja kita.
Bila berminat, bisa langsung hubungi toko komputer di dekat Anda.

Dari kanan : Saya-2 laptop kesayangan-kembaran saya, hehe

Atau, kalau saya boleh promosi, teman saya tadi bisa menghandle. Dimas, dia teknisi CV Bimakom, supplier komputer besar di Madiun (dekat bundaran Taman). Melayani antar-jemput juga.
Silakan tanya2 dulu, orangnya ramah kok. WA nya wa.me/+6282251754165
Bilang saja, temannya Pak Ahya, dapat diskon pak? Ndak juga sih, paling cuma bonus, bonus senyum, he-he.
Cusss…

NB : solusi ini hanya untuk laptop yang masih pakai HDD, biasanya laptop keluaran diatas 3 tahunan.

Comments
  1. Yuli Chasanah says:

    Wah sami pak…tapi sy sdh lewati itu …tahun kmrin sy juga nambah 128… Biasa mmg leptop tua….sy bli 2014…core i7… Alhamdulillah skrg msih handal… Sdh di-upgrade….he he

Leave a comment